apurus rinufa

tulisan sebagai pengingat terutama untuk diri sendiri dan bukan bermaksud untuk menggurui atau apapun. sekedar share dan eksplor saja. maaf jika tak berkenan. trima kasih.

Senin, 08 September 2014

prof

PROFESIONAL?????

Lagi dan lagi kejadian ini terjadi saat saya dinas malam. Ini dinas malam saya yang kedua tanggal 2 juli 2014 hari rabu malam kamis. Sekilas info dokter jaga ruangan malam itu adalah dokter U K. Saat operan ada bayi baru yang belum di periksa oleh dokter namun perawat jaga sore sudah meneleponnya jadi hanya tinggal menunggu dokter itu datang ke ruangan. Operan berlalu.

Setelah operan kurang lebih jam 10an datanglah dokter jaga dan langsung melihat pasien serta saya memberikan rekam medis bayi itu, namun ternyata tidak ada tulisan dokter itu yang ada hanyalah tandatangannya saja. Karena ternyata sudah ada anamnesa dari dokter sebelumnya, mungkin dokter yang pagi berjaga. Okeh fix itu gak terlalu jadi urusan.

Kurang lebih pukul 23.00 bayi S sianosis (bayi tersebut lahir tanggal 1 juli 2014 sudah di infus, oksigen dan ogt bayi itu juga puasa) maka saya langsung meloading pasien itu dengan NaCl. Lalu ditelepon lah keluarga bayi dan dijelaskan mengenai kondisi bayi yang gawat dan berat sehingga membutuhkan perawatan nicu namun keluarga sudah menolak untuk mencari nicu luar karena biaya. Sekitar pukul 23.40 salah seorang teman saya menelepon dokter jaga untuk melapor bayi yang sianosis itu. Dokter itu sedang berada di PKW (entah sedang apa di PKW saya tidak tau) dan menyuruh seseorang ke PKW dengan membawa SK untuk ditandatanganinya tanpa dia melihat pasiennya ke ruangan. Maka kurang lebih jam 01.15 pasien itu pun meninggal. Dan sampai meninggal pun dokter jaga itu tak kunjung datang ke ruangan malah menyuruh seseorang ke ruangan (karena sampai saat itu kami pun tidak ke PKW) untuk mengambil rekam medis pasien meninggal untuk menulis dan menandatangai SK bayi itu. Dan setelah rekam medis itu datang kembali ke ruangan terdapat catatan perawat yang telah dicoret oleh dokter itu (dengan alasan apa? Saya tidak tau) serta ada catatan yang berisi “PASIEN  BARU SUDAH DIANAMNESA MASIH MENGHUBUNGI DOKTER JAGA”. Sungguh saya kaget melihat itu. Karena pasien yang meninggal itu bukanlah pasien baru. Pasien tersebut lahir tanggal 1 juli 2014 dan meninggal tanggal 3 juli 2014. Karena sesungguhnya pasien baru pun tidak dia tulis anamnesanya hanya tandatangan saja di harpel.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar