apurus rinufa

tulisan sebagai pengingat terutama untuk diri sendiri dan bukan bermaksud untuk menggurui atau apapun. sekedar share dan eksplor saja. maaf jika tak berkenan. trima kasih.

Minggu, 25 Maret 2018

sehat itu murah 3



SEHAT ITU MURAH, SAKIT YANG MAHAL

Seringkali terkadang kita mendengar perkataan seperti ini “sehat itu mahal” namun menurut saya bukan sehatlah yang sesungguhnya mahal tetapi sakitlah yang ternyata mahal. Mengapa? Cobalah renungkan jika diri ini diberi sakit oleh Tuhan Yang Maha Kuasa maka berapa banyak biaya yang harus kita keluarkan untuk mengobati penyakit tersebut. Bukan saja biaya untuk pengobatan tetapi juga biaya lainnya seperti transportasi untuk menuju suatu pelayanan kesehatan yang lengkap dan jaraknya jauh dari kediaman seseorang. Sehingga terkadang membuat seseorang enggan untuk datang ke pusat pelayanan kesehatan dengan alasan biaya dan mahal.

Kesehatan itu penting maka dari itu sudah selayaknyalah kita pertahankanlah badan kita agar selalu sehat. Karena menjaga kesehatan merupakan bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah SWT karuniakan kepada hambanya yaitu nikmat sehat disamping nikmat-nikmatNya yang lain. Sehat merupakan anugerah yang tak terhingga harganya. Sehingga mencegah sakit sungguh tak ada salahnya. Bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Seperti Hadits Nabi Muhammad SAW tentang lima perkara sebelum datang lima perkara yang salah satunya adalah sehat sebelum sakit. Karena sesungguhnya tak ada seorang pun yang ingin menderita suatu penyakit. Maka itu jagalah kesehatan dan cegah sakit dengan cara mengikuti program kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah yaitu perilaku hidup bersih dan sehat yang ada dalam rumah tangga dan masyarakat. Karena dalam program tersebut banyak kegiatan yang sangat bermanfaat bagi diri kita jika hal tersebut dilakukan. Ada 10 indikator dalam program perilaku hidup bersih dan sehat.

Pertama adalah persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan. Ini penting sekali karena ditangani oleh ahlinya yang pasti sudah mengerti tentang kesehatan. Sehingga angka kematian ibu dan anak kemungkinan akan menurun dan juga mengurangi terjadi infeksi ataupun komplikasi bahaya lainnya jika persalinan tidak ditolong oleh tenaga kesehatan yang handal. Karena jika sudah terinfeksi maka penanggulangan dari infeksi tersebut tidaklah murah.

Kedua yaitu pemberian asi eksklusif kepada bayi selama 6 bulan. Usahakan selama 6 bulan sang bayi hanya mendapatkan asi saja tanpa makanan pengganti asi lainnya karena nutrisi asi saja sudah cukup untuk memenuhi gizi sang bayi tanpa perlu tambahan apapun. Banyak manfaat dari asi terutama kolostrum karena dapat meningkatkan imunitas sang bayi. Kolostrum yaitu asi yang pertama keluar setelah sang ibu melahirkan. Dengan menyusui sang bayi maka akan mengurangi kemungkinan sang ibu terkena kanker payudara selain juga dapat meningkatkan hubungan kasih sayang ibu dan anak. Bagi bayi yang diberi asi selain dapat menyehatkan sang bayi karena tidak mudah terkena infeksi atau tidak mudah sakit juga dapat meningkatkan berat badan bayi. Bukan hanya itu saja, asi itu murah dan mudah. Murah karena asi tak perlu beli sehingga tak memerlukan biaya untuk mendapatkannya, tidak seperti susu formula yang harus beli terlebih dahulu. Mudah karena kita tak perlu repot untuk menyiapkan asi, tidak seperti susu formula yang harus dibuat memakai takaran tertentu dan air hangat. Asi sudah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan gratis maka itu wajib kita syukuri dengan cara menyusui sang bayi dengan asi selama 6 bulan.

Ketiga yaitu menimbang balita setiap bulan. Penimbangan balita biasanya dilakukan di posyandu oleh tenaga kesehatan untuk memantau pertumbuhan sang balita tersebut. Naik atau tidaknya berat badan dan sehat atau tidaknya sang balita tersebut dapat terlihat saat posyandu. Bukan hanya itu, imunisasi untuk kekebalan tubuh sang balita pun bisa dilakukan di posyandu terdekat dengan murah. Lebih murah imunisasi jika dibandingkan sang balita terjangkit suatu penyakit akibat tidak imunisasi.

Keempat, menggunakan air bersih untuk keperluan hidup kita sehari-hari agar tidak terkena penyakit sehingga tidak sakit. Karena jika sudah sakit maka harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan. Maka gunakanlah air bersih yang jernih, tidak bau, dan tidak berasa.

Kelima, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. Tangan adalah perantara masuknya kuman penyakit kedalam tubuh yang dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit. Mencuci tangan sangat penting dilakukan baik sebelum ataupun setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun dapat membunuh kuman penyakit yang ada di tangan sehingga tangan bersih dan terbebas dari kuman.

Keenam, menggunakan jamban yang sehat.Jamban sehat yaitu jamban yang jarak antara sumber air minum dengan penampungan kotoran tersebut adalah 10 meter sehingga tidak mencemari air yang dapat menyebabkan penyakit. Selain itu jamban juga harus dibersihkan dengan air bersih dan sabun agar serangga dan binatang lain tidak mengelilingi sekitar jamban sehingga tidak menimbulkan bibit penyakit.

Ketujuh, membersihkan jentik nyamuk seminggu sekali dengan cara 3 M plus yaitu menguras, menutup dan mengubur plus menghindari gigitan nyamuk agar populasi nyamuk terkendali sehingga lingkungan rumah menjadi bersih dan sehat serta terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Kedelapan, memakan buah dan sayur setiap hari. Selayaknya kita memakan makanan empat sehat lima sempurna sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Terutama sayuran dan buah yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin dan mineral serta serat yang tinggi yang sangat berguna untuk sistem pencernaan. Sayuran dan buah dapat diperoleh dengan mudah dan murah terutama apabila dapat memproduksi sendiri buah dan sayuran tersebut dengan cara menanamnya sehingga hasilnya dapat diperoleh dan dipergunakan sendiri. Lebih murah jika dibandingkan dengan makanan diluar yang cepat saji dan instan.

Kesembilan yaitu melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. Banyak macam jenis olahraga yang dapat dilakukan. Contohnya olahraga ringan yaitu jalan cepat, jogging, bersepeda, dan renang. Olahraga penting dalam mendukung kesehatan agar terhindar dari sakit. Mengapa? Dengan olahraga maka seluruh anggota tubuh akan bergerak dari atas kepala hingga ujung kaki sehingga peredaran darah yang ada didalam tubuh menjadi lancar dan tidak tersumbat. Olahraga bukan saja hanya bermanfaat tetapi juga murah dan mudah karenabisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Olahraga sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali seminggu selama 40 menit. Dengan berolahraga maka kalori dalam tubuh kita terbakar dan mengurangi lemak tubuh. Olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stress,meningkatkan daya pikir, meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tak mudah sakit, serta menyehatkan organ jantung dan organ-organ lainnya dalam tubuh. Begitu banyak manfaat berolahraga, maka rutinkanlah berolahraga agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik.

Kesepuluh adalah tidak merokok. Sudah tak asing lagi mengenai bahaya dari rokok terhadap kesehatan yang informasinya sudah tersebar secara luas bahkan pada bungkus rokok itu sendiri pun dituliskan tentang bahaya rokok yang dapat merusak kesehatan yaitu kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin serta kematian dan masih banyak lagi kerusakan kesehatan yang disebabkan oleh rokok. Bahaya rokok bukan saja hanya untuk perokok itu sendiri tetapi juga orang-orang yang berada disekitar perokok pun mempunyai resiko kerusakan kesehatan yang sama dengan perokok karena menghirup asap dari sang perokok itu. Sehat dengan tidak merokok yang berarti tidak mengeluarkan uang untuk membeli rokok berarti bisa menghemat pengeluaran. Ingat loh pepatah “hemat pangkal kaya”. Dengan kata lain membeli rokok mungkin bisa diartikan sebagai suatu pemborosan. Karena rokok bukan hanya merusak kesehatan saja tetapi mungkin juga keuangan. Coba bayangkan jika kita merokok. Berapa rupiah yang harus dikeluarkan dalam sebulan, seminggu, sehari bahkan sejam hanya untuk rokok semata. Setelah merokok seandainya paru-paru rusak karena dampak nikotin yang terkandung dalam rokok, maka berapa rupiah yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki paru-paru yang telah rusak? Sehat itu murah maka marilah hindari rokok agar badan selalu sehat dan mungkin lebih panjang umur walaupun tentang usia hanyalah Tuhan Yang Maha Esa yang mengetahui namun apa salahnya jika kita sebagai umatNya berusaha salah satunya dengan tidak merokok.

Selain perilaku hidup bersih dan sehat, ada juga kegiatan sosial yang mendukung kesehatan kita yaitu donor darah. Karena banyak manfaat yang bisa didapat dengan menjadi pendonor yaitu bisa berbagi kepadaorang lain dengan memberikan darah kepada yang membutuhkan. Dengan donor darah maka kalori dalam tubuh kita terbakar sehingga dapat menurunkan berat badan. Selain itu donor darah dapat mendeteksi dini kesehatan, meningkatkan sel darah merah, melindungi jantung, memperbaiki sirkulasi darah, memperbarui sel darah baru, mencegah stroke, menyehatkan psikologis, meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal. Memang tidak semua individu dapat melakukannya karena ada beberapa syarat yang ditentukan jika akan mendonorkan darah dan semua itu demi kebaikan dan kesehatan si calon pendonor. Mungkin prinsip ini tak ada salahnya yaitu “lebih baik menjadi pendonor darah dari pada penerima darah”. Ingat pula “setetes darah kita berarti untuk mereka”.

Mencegah penyakit itu penting walaupun pada akhirnya kita bisa saja jatuh sakit karena sebab tertentu. Ingat sakit itu adalah kafarah dosa. Maka penting diri ini dilindungioleh sebuah jaminan kesehatan yang sangat berguna saat sakit kelak. Salah satu jenis jaminan kesehatan yang sudah tak asing lagi adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang juga merupakan program pemerintah untuk mendukung kesehatan masyarakatnya. Satu hal yang perlu diingat jangan berpikir bahwa “untuk apa saya memakai jaminan kesehatan karena sakit saja tidak, maka saya tak perlu jaminan tersebut”. Seharusnya bersyukur jika tak diberi sakit dan jangan sombong. Berpikirlah positif, terbuka, dan luas. Jangan berpikiran sempit hanya karena tak sakit maka tak perlu jaminan kesehatan. Cobalah berpikir jika sakit dan tak mempunyai jaminan kesehatan serta tak mempunyai uang untuk biaya pengobatan yang tidak sedikit. Lalu bagaimana kita berobat? Nah dengan adanya jaminan kesehatan tersebut setidaknya kita bisa tertolong dalam pengobatan jika sakit.

Indikator-indikator perilaku hidup bersih dan sehat itu murah dan mudah dilakukan oleh siapa saja dibandingkan biaya pengobatan yang tidak sedikit jika sudah sakit. Oleh karena itumari kita cegah sakit dengan perilaku hidup bersih dan sehat dan juga jadilah peserta BPJS kesehatan sesuai anjuran pemerintah agar terwujud masyarakat yang sehat karena sehat itu murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar